logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat Sarapan Pagi bagi Anak Sekolah

Memang kadang cukup sulit bagi anak-anak di pagi hari untuk menyantap sarapan pagi sebelum ke sekolah. Moodnya yang belum bergairah dan suasana pagi yang kurang kondusif sering membuat mereka menghindari sarapan paginya. Padahal melewatkan sarapan pagi bisa berakibat buruk bagi prestasinya di sekolah.

Sebuah penelitian di Inggris juga menyoroti tentang beberapa murid yang melewatkan sarapan pagi. Biasanya bisa berakibat tertidur di kelas, kesulitan menangkap pelajaran dan berkibat buruk bagi prestasinya. Tidak itu saja berbagai keluhan kesehatan mengiringi murid sekolah yang tidak sarapan ini.

Memang tiap keluarga mungkin memiliki kebiasaan tersendiri dalam pola makannya. Bisa jadi sarapan pagi bukanlah menu utama, kadang hanya segelas susu dan roti dua lapis sudah cukup di suatu keluarga. Kemudian biasanya diikuti makan siang yang super besar. Jadi perbedaan di tiap keluarga dalam menu sarapan memang memberi akibat yang tidak langsung bagi prestasi anak di sekolah.

Sarapan pagi penting sebagai sumber energi bagi anak

Memang untuk kegiatan panjang di sekolah, anak membutuhkan energi bagi keperluan aktifitasnya selama belajar di sekolah. Tidak itu saja sarapan pagi juga menjadi bagian bagi tumbuh kembang dan kesehatan anak. Anak poin yang sering dilewatkan orang tua dengan mengeser menu sarapan ke makan siang, sering tidak membantu anak di sekolah.

Beberapa kegiatan fisik seperti olahraga sering dilakukan di pagi hari, buka setelah isirahat. Jadi disini sarapan pagi sangat penting dalam menyuplai energi yang cukup bagi aktifitas fisiknya. Meskipun hanya sekedar duduk dan menangkan pelajaran, tetap perlu energi cukup untuk melakukan aktifitas ini.

Sarapan pagi penting bagi aktifitas belajar

Meskipun pada beberapa aktifitas belajar hanya duduk atau menulis di buku, tetap saja membutuhkan kalori yang cukup bagi aktifitas ini. Tidak jarang beberapa anak akan tertidur, kala sarapannya terlewatkan. Bisa juga dengan sedikit mengantuk dan tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik.

Beberapa pelajaran sekolah memang membutuhkan perhatian dan akitifitas yang aktif. Bisa jadi anak akan dlawer istilahnya bila tidak sarapan, energi yang tidak dimiliki akan membuat tubuh tidak bisa aktif dalam mengikuti pelajaran. Memang akan ada waktu istirahat untuk makan atau snack, namun biasanya jangkanya cukup jauh dari sarapan pagi.

Sarapan pagi penting dalam meningkatkan konsentrasi belajar.

Memang sarapan pagi memiliki kontribusi penting bagi konsentrasi belajar anak di sekolah. Bila anak melewatkan sarapan paginya, mereka tidak akan konsen dan terganggu dengan perutnya yang nyaring berbunyi. Biasanya bila tidak terkendali akan membuat anak tertidur saat pelajaran sekolah.

Memang bila tidak bisa mengikuti pelajaran akan mengakibatkan prestasi belajanya bisa dalam kendala. Jadi disini sangat penting sekali sarapan pagi bagi anak untuk menyuplai energi, yang sangat penting bagi konsentrasi belajar anak. Sarapan juga akan mendukung aktifitas anak selama di sekolah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger
-->