.

Kenapa Laptop menjadi Lambat?

Saat baru membeli laptop, semuanya mungkin masih OK-OK saja. Namun setelah laptop ditambah dengan berbagai aplikasi dan dokumen, keadaan mungkin menjadi lain, laptop menjadi lambat. Baik saat loading, maupun saat mulai membuka aplikasi dalam sistem.

Penyebab laptop menjadi lambat bisa berasal dari banyak kemungkinan. Baik karena hardware(mungkin RAM atau Prosessor) sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan softwarenya. Atau bisa juga ada masalah di softwarenya.

Lalu bagaimana cara mencari penyebab laptop menjadi lambat, akan kita kupas satu persatu:
  • Jika anda mengeluh loadingnya lambat, maka cek program yang ada di start up. Caranya klik "Run", lalu ketik "msconfig", klik enter. Lalu klik startup, uncheck program yang tidak anda butuhkan.
  • Coba analisa kemungkinan laptop terkena virus, mungkin sehabis googling atau sehabis memakai flashdisk teman. Ada kemungkinan laptop terinfeksi virus. Coba lakukan scanning sistem. Lebih baik update dulu antivirus sebelum anda melakukan scanning. Lebih detail bisa dipelajari di postingan cara memproteksi laptop/PC dari virus.
  • Cek softwarenya, yaitu dengan melihat program apa saja yang sedang menghabiskan "CPU" maupun "memory usage". Atau tekan Ctrl+Alt+Del secara bersama, lihat di "processes tab", jika banyak program yang menghabiskan CPU dan memory usage, padahal anda hanya perlu dua atau tiga program saja, maka cara bijak adalah dengan "menghabisi" program yang tidak diperlukan. 
  • Jika masih lambat juga, cek hardisknya. Lakukan "disk defragment", karena saat masih baru masih belum banyak data yang tersimpan. Namun begitu dipakai, maka akan banyak data yang disimpan, dan tidak tertata dengan baik. Sebaiknya saat menyimpan dokumen lebih baik dibikinkan partisi tersendiri, di luar partisi untuk sistem. Misalnya, jika sistem di partisi C:, maka buat partisi D: untuk data atau menyimpan dokumen.
  • Jika hardisk sudah didefragment, tapi masih lambat juga. Bisa jadi terlalu banyak program yang tidak ter-uninstall dengan baik. Maka coba reinstall sistem. Ini akan membuat laptop anda seperti baru, dan coba install ulang program-program yang anda butuhkan tadi.
  • Jika sudah diinstall ulang, tapi masih lambat juga. Maka cek kemungkinan "hardisk failure". Caranya coba gunakan tool dari hirens atau disk tool lainnya. Jika transfer ratenya jauh di bawah kemampuan hardisk yang sesungguhnya. Maka saatnya mengganti hardisk anda.
  • Cek hardware lainnya, yaitu kemampuan prosessor dan kapasitas RAM. Bisa dicek dengan membuka "taks manager". Atau tekan Ctrl+Alt+Del secara bersama, lihat CPU Usage dan PF Usage, jika keduanya sudah "over kapasitas", dan anda membutuhkan semua program yang sedang menghabiskan CPU dan PF usage, maka saatnya menguprade laptop anda.
Ada cara lain untuk menyiasati agar laptop tidak lambat. Mungkin anda perlu membuat beberapa sistem dalam laptop anda. Satu sistem untuk googling dan kerja. Sedang sistem yang lain bisa untuk games atau hiburan.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

terimakasi infonya gan..
gan mau tanya, sebelumnya saya pake windows 8 pro di toshiba satalite L645 tapi makin lama makin berat jalan windowsnya.. trus saya instal ulang dengan windows yang sama malah makin berat gan trus saya instal pake windows 7 sama juga gan malah tidak mau kelihatan dekstopnya... kenapa bisa begitu gan.
terimakasi sebelumnya, mohon bantuannya gan.. :-)

Balas

Spek toshiba? Freeusage RAMnya berapa? Freespace hardisk berapa? Coba lakukan fresh install, format drive sistem dengan NTFS, bila hardisk tak terinfeksi virus atau rusak, harusnya sistem tidak bermasalah..

Balas
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved