.

Menambah Huruf di Photoshop


Ada banyak cara untuk menambah koleksi huruf pada program Photoshop. Dan cara termudah dengan menambahkan koleksi huruf baru pada folder sistem windows/font. Hal ini lebih mudah dan efektif, karena akan menambah semua koleksi huruf baru ke program yang terinstall di windows tersebut. Seperti program Word, Powerpoint, yang akan berguna saat membuat sebuah presentasi ataupun video di youtube.

Keuntungan dengan menambah huruf(font) secara manual ini adalah akan bisa menyeleksi huruf-huruf yang diperlukan saja. Karena jika anda menginstall secara otomatis, maka akan banyak koleksi huruf yang sebenarnya tidak anda perlukan. Dan ini akan menyita waktu anda saat berusaha mencari huruf yang tepat untuk suatu presentasi ataupun tugas.

A. Menambah huruf di photoshop berarti semakin banyak koleksi hurufnya.

Kekurangan dari penambahan koleksi huruf tersebut adalah sering terkendala jika digunakan untuk huruf pada halaman web. Browser yang tidak memiliki koleksi huruf tersebut akan menampilkan sebagai lambang yang tak terbaca. Sehingga solusinya hanya bisa ditampilkan pada suatu file gambar yang pasti akan terbaca oleh web browser.

Kekurangan dari cara manual ini adalah harus mencari huruf yang jumlahnya sangat banyak. Dan belum tentu anda akan menggunakannya. Tapi paling tidak anda bisa menyimpan koleksi huruf tersebut dalam folder khusus, dan ketika dibutuhkan anda tinggal menambahkan saja pada folder system.

Namun cara manual akan menghemat memori photoshop anda. Karena hanya menyimpan koleksi huruf yang anda butuhkan. Bayangkan jika terlalu banyak huruf dalam folder photoshop, bisa jadi akan membuat program photoshop menjadi lambat.

Atau anda bisa membuat semacam template yang berisi koleksi huruf tadi. Sehingga anda akan punya gambaran pada huruf yang sedang anda butuhkan. Template tersebut bisa dalam bentuk huruf yang sudah diprint, sehingga memudahkan pengecekan.

B. Cara menambah huruf baru di photoshop:

  • Dapatkan file huruf baru yang biasanya berekstension .ttf atau .otf atau .fon yang banyak tersedia di internet. Anda bisa cek langsung di dafont.com. Cari huruf yang anda perlukan saja, sehingga tidak membingungkan saat mencari huruf yang tepat di photoshop.
  • Saat mendownload koleksi huruf baru biasanya dalam bentuk zip file. Maka ekstrak ke satu folder khusus. Karena akan berisi banyak file, biasanya selain file huruf, akan ada file teks atau lisensi yang menandakan tiap huruf memiliki hak cipta dan anda harus mematuhi hak-hak yang tercantum dalam lisensi tersebut. Pilih saja huruf yang memiliki lisensi "free untuk komersial maupun personal.
  • Saat menambah file huruf ke folder windows/font usahakan hanya file huruf yang dicopy ke folder tersebut.
  • Kemudian cek di program photoshop file huruf sudah aktif atau belum.
Menambah Huruf di Photoshop
Koleksi huruf di Photoshop.  
  • Selamat mencoba.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved