logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Kompos dengan EM4

Sampah basah bisa diolah menjadi kompos dengan menggunakan EM4. Penggunaan EM4 ini akan mempercepat proses pengomposan karena didalamnya mengandung mikroba. Proses pengomposan terbantu dengan adanya mikroba tersebut. Dan anda bisa mendapatkan EM4 di toko pertanian atau toko kimia.

Pengomposan dengan EM4 sangat baik dilakukan di lahan sempit, terutama di perkotaan. Dimana sangat susah untuk mendapatkan lahan terbuka di perkotaan. Cukup dengan menggunakan tong plastik sudah cukup untuk mengolah sampah dapur harian di sebuah rumah tangga. Dan prosesnya cukup cepat antara 1-2 minggu sudah bisa digunakan sebagai pupuk.

Membuat kompos dengan EM4 ini akan membantu mengurangi timbunan sampah yang mulai tidak terkontrol di perkotaan. Atau mengurangi kebiasaan masyarakat membakar sampah. Dan pembuatan kompos ini lebih efektif daripada membakar sampah tersebut.

Pemanfaatan sampah menjadi kompos akan bisa menghemat banyak sumber daya. Sumber daya yang selama ini hanya digunakan untuk membuat lingkungan bersih. Sudah saatnya sumber daya itu dirubah sehingga menghasilkan nilai tambah.

Sampah ketika berubah menjadi kompos akan memiliki nilai tambah. Jauh lebih berharga daripada sampah berubah menjadi abu yang tidak ada nilainya. Malah lebih memboroskan energi ketika membakar sampah menjadi abu.

Kalau kita hitung berapa ongkos energi yang bisa dihemat. Dan bisa digunakan untuk pelestarian alam. Ongkos energi tersebut bisa digunakan untuk hal lain daripada hanya menghaslkan abu saja. Maka pengolahan sampah menjadi kompos dengan menggunakan EM4 akan mempercepat proses pengolahan sampah, yang produksinya sudah mulai tidak terkendali.

Berikut cara membuat kompos dengan EM4:

A. Menyiapkan tempat pembuatan kompos.

Siapkan tong plastik yang bisa anda beli di tempat loak. Siapkan pula pipa yang berguna sebagai saluran udara untuk oksigenasi proses pemgomposan nantinya. Juga bisa untuk menghindarkan adanya bau selama proses pengomposan.

Anda bisa melakukan modifikasi pada tong plastik tersebut. Caranya dengan membuat lubang atau jendela di bagian bawahnya. Sehingga saat kompos sudah jadi, tinggal mengambil lewat bagian bawahnya. Jadi proses pengomposannya bisa berkelanjutan.

B. Memperbanyak larutan EM4.

Oplos larutan EM4 yang sudah dibeli di toko pertanian. Caranya masukan 20 ml larutan EM4 + 10 gr gula pasir +  air bersih 1000 ml di dalam jerigen. Kocok dan fermentasikan atau peram selama 24 jam.

Proses memperbanyak larutan EM4 tidak berpengaruh pada hasil kompos nantinya. Hanya anda akan bisa menghemat biaya membeli EM4 tersebut.

C. Mengolah sampah basah dan kering.

Sampah dapur dipotong kecil-kecil, kemudian masukan ke dalam tong plastik. Campur dengan daun kering dengan perbandingan 1:1. Lalu aduk dan tambahkan larutan EM4 yang sudah dioplos tadi. 

D. Proses pengomposan.

Anda bisa tambahkan setiap sampah dapur diatasnya, lalu aduk setiap tiga hari untuk memasukan oksigen dan menurunkan panas yang timbul karena proses pengomposan tadi. 

Pengomposan telah selesai jika campuran tadi sudah berwarna kehitaman dan tidak berbau. Maka saat itu bisa anda gunakan untuk pupuk tanaman di rumah anda.

Membuat kompos dengan EM4 ini lebih cepat dari cara biasanya. Dan ini sangat membantu dalam pengolahan limbah rumah tangga yang makin hari makin menggunung ini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

Pak Sugeng,
Berapa banyak em4 yang ditambahkan ke sampah bahan kompos tersebut?
Terima kasih.
Asep

Balas

@ Pak Asep,
Tidak ada takaran pasti banyaknya EM4 yang diberikan, karena tergantung kepadatan dan jenis sampah. Kuncinya terletak di sampah dipotong kecil-kecil, dan diaduk, agar sampah lebih cepat terurai dan merata.
Terima kasih telah singgah di blog ini.

Balas

jadi sampah2 daun harus dipotong2 juga2, andai tdk dipotong,, berapa lama sampah bisa hancur dgn em4? terimakasih

Balas

berapa harga em4 itu pak ? pengomposan nggak perlu di campur tanah ya

Balas

@pak endrik
tergantung jenis daunnya pak.. pada daun bertipe lunak tidak perlu dipotong. Daun yang bertipe keras akan membutuhkan waktu lebih lama untuk terutai, meskipun dengan bakteri EM4...

Balas

@bu nora
harga EM4 bervariasi, ada yang 15rb perbotol, ada yang 20rb tergantung lokasi penjualannya. Tanah hasil composting bisa dipakai seperti layaknya EM4, karena sudah ada bakteri pengurainya...

Balas

kl pakai kompos berarti tidak usah pakai em4 dong?

proses pengomposan itu apa akan menghasilkan gas, kalau iya apa gas tsb bisa ditampung dan dimanfaatkan utk pengganti elpiji?

Balas

@pak soegiantofu
Betul, tanah kompos bisa dipakai seperti layaknya EM4, karena sudah ada bakteri pengurai...
Dan proses pengomposan memang menghasilkan beberapa unsur gas, salah satunya adalah gas methana, yang bisa dipakai sebagai bahan bakar...

Balas

bgm cara menampung gas metana yg dihasilkan dr proses pengomposan krn kan tiap 2 hari tong plastik dibuka utk melakukan pengadukan dan proses pemasukkan o2.

campuran dari cairan em4+sampah itu perbandingannya bgm? apa diaduk begitu saja sampai tercampur rata atau sampai sampah tergenang oleh larutan em4?

Balas

@pak soegiantofu
Sebenarnya prinsip instalasi pada biogas kotoran hewan bisa digunakan untuk menampung gas methana, namun jarang yang melakukan... karena gas methana dari proses pengomposan tidak terlalu banyak...
tidak ada takaran pasti antara sampah dan EM4 yang diberikan, prinsipnya sampah harus dipotong kecil-kecil agar proses pengomposan cepat merata...pemberian EM4 yang efektif adalah dengan menggunakan semprotan, sambil sampah tersebut diaduk, ini akan meratakan penyebaran EM4, sekaligus menghemat penggunaan EM4......

Balas

sampah jenis apa aja apa bisa dibuat kompos dg bantuan em4? mis sampah organik yg berminyak spt sisa2 makanan dari rumah makan, tulang belulang, makanan yg diasinkan spt kulit kuaci. terus kalau ada kuahnya apa kuah itu harus di buang(dipisahkan dari sampah padatnya)?

Balas

saya sudah mencoba membuat kompos dg em4. saya tempatkan di ember plastik bekas cat.saya tutup, tapi tiap hari saya buka utk memasukkan sampah baru kemudian saya aduk2 lagi, kadang saya tambahkan em4 lagi.dari tgl 23 sampai sekarang hasil yg saya lihat adalah sampah tadi mulai berjamur putih2 baunya sih tidak terlalu busuk seperti dampah pada umumnya, tutup dan bodi tong plastik yg tidak terkena sampah(bagian atas) basah ada titik2 air. apakah hal itu wajar, atau air tadi harus dikeringkan? atau tong pladtik tersebut memang tidak boleh ditutup rapat? tapi kalau tidak ditutup ntar baunya kemana2 meskipun baunya tidak seperti sampah di TPA tapi tetap mengganggu.

Balas

@pak soegiantofu
semua sampah rumah tangga, seperti sisa sayuran, sisa makanan. bisa digunakan menjadi bahan kompos..
anda bisa menggunakan pipa paralon di bagian atas tong plastik untuk mengalihkan akumulasi bau atau gas methana, sehingga sewaktu menambahkan sampah, baunya tidak mengganggu anda..
dan bisa juga menambahkan pipa paralon di bagian bawah tong plastik untuk menampung cairan atau bahan kompos cair yang bisa menjadi pupuk cair...

Balas

Pak, saya mau tanya. Apakah EM4 yang dikasih ke sampah tersebut dicampur terlebih dahulu dengan air?
Kalau dicampur dengan air berapakah perbandingannya?
Terima kasih

Balas

@Pak Maolana
EM4 yang sudah bapak beli bisa diperbanyak, dengan mencampur 20 ml EM4 + 10 gram gula + air bersih sebanyak 1000 ml, atau cara termudah masukan satu sendok EM4 + satu sendok gula ke dalam satu botol besar minuman kemasan, lalu kocok dan fermentasikan selama 24 jam, setelah itu bisa dipakai untuk komposting sampah.

Balas
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->