logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tabel Indeks Glikemik Makanan

Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah sangat baik bagi penderita kencing manis. Karena semakin lambat konversi makanan menjadi gula darah, akan bermanfaat bagi penderita kencing manis yang kesulitan dalam mengontrol tingginya kadar gula darah. Lonjakan gula darah yang tinggi bisa merusak organ tubuh, dan menyebabkan berbagai macam komplikasi.

Gula, permen, adalah beberapa makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang sangat berbahaya bagi penderita kencing manis. Sedang sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki indeks glikemik yang rendah. Makanan jenis ini yang menjadi favorit bagi penderita kencing manis.

A. Tabel indeks glikemik makanan bersifat relatif.

Sebenarnya pengukuran indeks glikemik suatu makanan sangat relatif. Karena dipengaruhi banyak faktor, seperti cara memasak, jenis seratnya, kadar insulin penderita dan aktifitas fisik yang dilakukannya. Setiap penelitian mungkin secara angka akan berbeda, tapi secara urutan akan sama. Yaitu selalu gula ber-indeks glikemik tertinggi. Diikuti makanan yang mudah dicerna dan akhirnya yang berindeks glikemik rendah adalah makanan yang berserat atau berlemak.

Namun sebisanya hindari makanan yang berlemak, seandainya anda memiliki kolesterol yang tinggi. Dan disarankan untuk diet rendah kolesterol. Meskipun mereka memiliki indeks glikemik yang rendah.


Makanan juga akan berubah indeks glikemiknya ketika sudah dimasak. Jadi bagi penderita kencing manis, jika anda sedang mencari makanan berindeks glikemik rendah. Maka pastikan bahwa makanan tersebut raw makanan yang sudah bisa langsung dikonsumsi, tanpa harus memasaknya. Karena ketika harus memasaknya makan indeks glikemiknya akan naik.


Memang sering makanan menjadi ber-gula setelah dimasak. Meskipun makanan tersebut berindeks glikemik rendah sekalipun. Maka usahakan cari makanan yang sudah langsung dimakan tanpa harus memasaknya.

B. Tabel indeks glikemik makanan


MakananIndeks glikemik

gula
100
kerupuk
87
kerupik jagung
81
kentang rebus
78
bubur beras
78
semangka
76
roti
75
nasi
74
beras merah
68
popcorn
65
labu rebus
64
ubi rebus
63
kentang goreng
63
madu
61
mangga
59
softdrink/soda
59
keripik kentang
56
bubur gandum
55
bihun
53
talas rebus
53
jagung
52
jus jeruk
50
selai strowberry
49
spagheti
49
pisang
43
kurma
42
yogut
41
jus apel
41
coklat
40
wortel rebus
39
susu lemak
39
susu skim
37
susu kedelai
34
kacang merah
24
kedelai
16
Tabel indeks glikemik makanan.

Indeks glikemik di atas 70 termasuk tinggi dan harus dihindari oleh penderita kencing manis. Sedang antara 55 - 70 di kategorikan sedang. Serta 55 ke bawah di kategorikan rendah dan dianjurkan dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Namun anda harus perhatikan, walaupun indeksnya rendah ada beberapa yang mengandung lemak atau kolesterol. Maka perhatikan makanan yang mengandung kolesterol dan hindari. Untuk lebih jelasnya pelajari diet makanan pada penderita kencing manis
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->