.

Makanan Penyebab Kencing Manis

A. Penyebab kencing manis.

Beberapa makanan memang berpotensi menyebabkan terjadinya kencing manis atau diabetes. Makanan penyebab kencing manis ini memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga tubuh menstimulasi insulin yang tinggi pula. Dan kegagalan tubuh mensuplai insulin inilah yang dikenal sebagai kencing manis atau diabetes tipe 2, yang sering dihubungkan dengan pola makan yang salah.

Meskipun jika anda mengkonsumsi gula yang indeks glikemiknya 100, tidak akan menyebabkan kencing manis. Namun menurut peneliti di Oregon university, makan berlebihan yang tinggi indeks glikemiknya dan mendorong produksi insulin yang berlebihan diduga menjadi penyebab kencing manis atau diabetes tipe 2. Jadi untuk mencegah kencing manis cukup sederhana, jangan makan yang berlebihan.


Pola hidup yang tidak sehat dan kegemukan atau obesitas merupakan faktor utama terjadinya kencing manis. Meskipun ada juga orang kurus yang terkena kencing manis. Ini diduga karena pola hidup yang tidak sehat. Seperti stress, kurang olahraga atau boleh dikata orang yang kurang bergerak berpotensi terkena kencing manis.

B. Makanan apa saja yang berpotensi menyebabkan kencing manis:

Makanan dari tepung

Banyak makanan olahan yang berasal dari tepung, sehingga membuatnya mudah diserap tubuh dengan cepat, dan masuk kategori makanan ber-indeks glikemik tinggi. Lebih sering makanan dari tepung ini dikombinasikan dengan gula, susu, yang berakibat menjadi makanan "extra large", karena selain menyebabkan kegemukan juga menyebabkan produksi insulin yang berlebihan. Inilah penyebab kencing manis. Makanan dari tepung yang harus dibatasi konsumsinya, seperti roti manis, sereal, kue manis, dan semua olahan tepung yang bercampur gula.

Makanan yang kaya akan gula.

Sebenarnya tubuh hanya membutuhkan 6 - 9 sendok teh gula perharinya. Namun banyak makanan olahan yang kaya akan gula. Sehingga mengakibatkan melebihi kebutuhan tubuh yang sebenarnya Hasilnya tubuh memproduksi insulin berlebihan dan berakibat kencing manis. Makanan yang kaya akan gula adalah permen, minuman ringan bergula, jelly, selai, dan semua produk olahan yang manis harus dibatasi. Coba ganti dengan makanan segar yang baik bagi tubuh.

Daging kaya lemak dan susu kaya lemak

Menurut para ahli, lemak jenuh memiliki potensi menyebabkan kencing manis atau diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Maka batasi asupan lemak jenuh, seperti pada jeroan, daging berlemak, ayam goreng, sosis, susu full cream, es krim, mentega, cheese. Dan coba ganti dengan lemak dari kacang-kacangan, biji-bijian.

Minyak goreng yang terhidrogenasi

Yang diproduksi lewat penambahan unsur hidrogen sehingga makanan yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi akan memiliki lemak yang lebih tahan lama. Inilah yang menyebabkan kegemukan dan berpotensi kencing manis. Biasanya produk yang memiliki minyak terhidrogenasi adalah makanan atau snack olahan, seperti kentang goreng, kentang krispi, dan semua produk industri makanan yang berlabel minyak terhidrogenisasi harusnya dihindari atau dibatasi.

Selain menghindari semua makanan penyebab kencing manis, anda juga harus rutin berolahraga yang berguna mencegah kencing manis. Dan Jangan makan berlebihan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved