.

Makanan Penurun Asam Urat


Beberapa makanan digolongkan sebagai makanan penurun asam urat. Pada makanan ini memang membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Karena tingginya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan di bagian sendi.

Walaupum sebenarnya banyak cara untuk menurunkan asam urat dalam darah, pengaturan pola makan yang sehat sangat dianjurkan. Karena penyebab tingginya asam urat dalam darah, karena pola makan yang tidak sehat. Ketika pola makan berhasil diperbaiki, akan membantu menurunkan asam urat dalam darah dan kemungkinan penyakit kronis lainnya karena pola makan yang salah.

A. Pengaturan pola makan bisa menurunkan asam urat.

Namun beberapa orang yang tidak mampu mengontrol pola makannya, menggunakan obat untuk menurunkan asam uratnya. Meskipun hasilnya cepat, penyakit asam urat akan tetap mengancam. Hal ini karena bagaimanapun mengontrol pola makan adalah sumber dari keberhasilan menyembuhkan penyakit tersebut.

Memang tidak bisa disalahkan, biasanya penderita asam urat yang sudah lanjut usia sangat susah mengontrol pola makannya. Pertama bisa karena lupa, kedua bisa karena masa tua masa bersenang-senang, sehingga diet bagi mereka akan sangat mengganggu masa istirahat mereka.

Namun ada jalan kompromi dengan setengah melakukan diet dan pengobatan. Caranya sudah tentu dengan pola makan kombinasi. Satu hari dengan diet, dan besoknya bebas, meskipun masih dalam taraf terkontrol. Memang tidak bisa melakukan diet ketat, terutama pada lansia, dan kompromi diet mungkin adalah solusi yang terbaik. 

B. Beberapa makanan penurun asam urat yang bisa anda masukan dalam diet anda:

Sayur sayuran

Kecuali pada bayam, asparagus, kacang merah, yang harus dihindari. Semua sayuran hijau membantu merubah kadar yang asam menjadi lebih netral. Sayuran juga kaya akan serat, dan rendah kalori yang berguna mengurangi berat badan, karena kegemukan adalah "kambing hitam" dari penyakit asam urat. Sayuran membuat hidup anda lebih sehat.

Air

Walaupun bukan makanan, air memiliki peran penting membersihkan racun, termasuk asam urat dari dalam tubuh. Bisa juga dikonsumsi dalam bentuk minuman, seperti teh hijau dan minuman herbal lainnya.

Buah cherry

Memiliki khasiat menurunkan asam urat dalam darah. Banyak penelitian yang mendukung akan khasiat buah cherry dalam menurunkan asam urat. Buah cherry dalam bentuk segar, jus atau olahan lainnya memiliki khasiat yang sama, dianjurkan untuk mengkonsumsinya 2 ons per hari bagi penderita asam urat.

Buah-buahan

Pada buah-buahan yang kaya akan potassium berguna menurunkan asam urat. Seperti pisang, melon, apricot, bisa anda masukkan dalam diet anda untuk menurunkan asam urat.

Dan yang pasti anda harus berhati-hati terhadap makanan yang menyebabkan asam urat. Anda harus konsisten menghindari makanan penyebab asam urat. Karena khasiat makanan penurun asam urat tidak ada artinya selama anda masih mengkonsumsi makanan penyebab asam urat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved