.

Makanan Penambah Darah


Anda harus makan makanan penambah darah ketika anda mulai mengeluh mudah lelah atau badan lemas. Karena gejala kurang darah atau zat besi harus diatasi dengan makan makanan penambah darah yang banyak mengandung zat besi. Seperti kita ketahui kurang darah bisa mengarah ke kegagalan organ. karena darahlah yang bertugas membawa oksigen atau makanan ke seluruh organ tubuh.

Namun anda harus hati-hati memilih makanan penambah darah yang tidak memiliki efek lain. Beberapa makanan memang mengandung zat besi, tapi juga memiliki kolesterol di sisi lainnya. Jika anda kesulitan menimbang antara kandungan kolesterol dan zat besi, lebih baik hindari makanan yang berasal dari hewan. Yang sebenarnya kaya akan zat besi, tapi juga kaya kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan anda. Tapi jika anda bisa mengkonsumsinya secara moderat, boleh saja dicoba.

A. Seputar makanan penambah darah atau zat besi.

Sebenarnya kebutuhan normal zat besi perharinya 11-18 mg, tapi bisa lebih tinggi lagi tergantung dari usia dan kondisi tubuh. Pada wanita hamil membutuhkan lebih banyak lagi, antara 30-60 mg. Anda bisa mengecek secara sederhana, kalau anda kekurangan zat besi atau tidak, dengan melihat warna merah di kelopak bawah mata. Namun secara umum gejala kurang darah atau zat besi adalah mudah lelah dan badan merasa lemas.

Ada beberapa mitos yang menyarankan, jika mengalami kurang darah, maka coba konsumsi supplemen yang banyak beredar di pasaran. Beberapa orang memang mendapatkan kebugaran, tapi kadang supplemen terlalu berlebihan bagi tubuh. Dan tidak se-alami makanan yang kita konsumsi sehari-hari, apabila kita mencoba untuk membandingkannya.


Penggunaan supplemen untuk penambah darah sering sebagai jalan pintas. Memang ada banyak supplemen penambah darah yang beredar di pasaran. Namun bagi yang suka cara alami dalam menambah darah. Maka makanan yang biasa kita makan sehari-hari sangat baik dalam memenuhi zat besi pada tubuh kita.


Karena apa yang kita konsumsi dari makanan harian kita lebih lengkap dari sebuah supplemen. Dan makanan harian yang kita makan jelas lebih menyehatkan tubuh kita. Lebih lengkap nilai gizinya, serta lebih murah harganya.


Dengan mengambil makanan penambah darah dari menu makanan yang kita makan, setidaknya kita mulai menimbang nilai gizi yang kita makan. Kita akan terbiasa memilih mana makanan yang baik bagi kita. Dan mana makanan yang tidak baik bagi kesehatan kita.

B. Beberapa makanan yang mengandung zat besi atau penambah darah yang bisa anda konsumsi:

MakananDalam 200gr makananDalam 1 mg zat besi
hati ayam/sapi
8,8
10gr
daging sapi
5,5
15gr
sarden
4,0
25gr
ikan tuna
1,5
1/2 kaleng
daging ayam
1,5
satu paha ayam
kentang matang
1,4
separuh kentang
telur ayam
2,7
0,7 mg per 1 telur
almond
4,4
14 biji almond
tahu
2,7
37gr
udang
1,3
76gr
bayam masak
3,6
27gr
kedelei
5,1
19gr
kacang hijau
6,7
1/2 cangkir
brokoli
1,1
1 cangkir
tempe
10

daun singkong
2,0

kangkung
2,5

mangga
1,9

pepaya
1,7

susu krim
97

telur bebek
2,6

biji jambu monyet
5,0

kacang merah
5,0

daging bebek
1,8

pare
1,4

jambu biji
1,1

Daftar makanan penambah darah


Memang begitu banyak pilihan dalam mengkonsumsi makanan yang bisa digunakan untuk meningkatkan zat besi atau penambah darah. Namun anda bisa pilih makanan yang aman bagi kesehatan anda, sebisanya hindari atau konsumsi secara moderat makanan yang mengandung kolesterol. Demi menjaga kesehatan anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved