.

Makanan Penambah ASI

A. Makanan ibu menyusui.

Beberapa makanan harus dikonsumsi ibu yang sedang menyusui bayinya. Makanan penambah ASI ini berperan menambah produksi ASI yang sangat penting bagi kesehatan bayi. Makanan penambah ASI harus mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan ibu. Karena ibu yang sehat akan menghasilkan ASI yang cukup bagi bayinya.

Usahakan ketika mengkonsumsi makanan penambah ASI dalam bentuk yang segar dan dimasak sendiri. Karena ibu akan tahu kandungan makanan yang dimakannya. Ini penting agar kesehatan terjaga dan terhindar dari tercampurnya makanan yang harus dihindari ketika menyusui.

Disamping makan makanan penambah ASI, ibu menyusui diharapkan makan makanan yang bergizi sebagai menu sehari-hari. Yaitu menu seimbang yang terdiri dari, karbohidrat, lemak yang sehat, protein, vitamin dan mineral. Sudah tentu kondisi psikologis bunda juga harus baik. Bunda harus dalam keadaan nyaman saat merawat bayinya. Juga ikuti trik dan tips cara meningkatkan produksi ASI.

B. Beberapa makanan penambah ASI yang harus dikonsumsi lebih banyak oleh ibu menyusui:

Sayur-sayuran

Kaya akan vitamin dan mineral yang berguna menjaga kesehatan ibu saat menyusui. Sayur-sayuran juga kaya akan air untuk merehidrasi ibu yang sedang menyusui. Sayur sayuran mudah didapat dan bisa dimasukan dalam menu harian ibu menyusui. Seperti bayam, kacang polong, wortel, brokoli, dan lain-lain.

Buah-buahan

Memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat menjaga kesehatan ibu. Buah-buahan juga sama seperti sayuran, menyegarkan dan merehidrasi cairan pada ibu yang sedang menyusui. Mengkonsumsinya dalam bentuk segar lebih dianjurkan daripada dalam bentuk olahan. Karena ini untuk menjaga kandungan vitaminnya. Seperti apel, alpukat, jeruk, dan lain-lain.

Telur

Merupakan menu wajib bagi ibu yang sedang menyusui, protein yang dikandungnya sangat baik untuk pertumbuhan otak bayi dan menjaga kesehatan ibu. Satu sampai dua butir perhari dianjurkan bagi ibu yang sedang menyusui untuk meningkatkan produksi ASI.

Kacang-kacangan

Seperti kacang kedelai, kacang tanah, almond, banyak mengandung zinc, calcium yang penting bagi kesehatan ibu yang sedang menyusui. Ibu yang sehat akan menghasilkan ASI yang sehat pula bagi bayinya.

Susu rendah lemak dan turunannya

Susu atau yogurt sangat baik dalam menjaga kesehatan ibu dan menambah produksi ASI. Kandungan protein, vitamin dan mineral dalam susu merupakan komponen penting bagi produksi ASI.

Ikan salmon

Kaya akan asam lemak omega-3, yang berguna bagi pertumbuhan otak bayi. Namun hindari ikan tuna, makarel, ikan kalengan yang sering mengandung pengawet dan merkuri, karena sangat berbahaya bagi pertumbuhan otak bayi.

Bagi ibu yang sedang menyusui, makanan penambah ASI wajib dikonsumsi, dan hindari makanan olahan yang mengandung bahan pengawet, kopi, alkohol. Serta gabungkan dengan trik dan tips cara meningkatkan produksi ASI.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved