.

Cara Menghilangkan Gatal

A. Penyebab gatal.

Mungkin langkah paling mudah untuk menghilangkan gatal adalah dengan menggaruknya. Dan memang gatal akan hilang untuk sementara, tapi akan muncul lagi. Ternyata menghilangkan gatel di kulit dengan menggaruk tidak menyelesaikan masalah. Bahkan bisa menyebabkan iritasi dan mungkin menjadi infeksi sekunder.

Menghilangkan gatal harus melihat apa penyebabnya, karena gatal merupakan tanda dari suatu penyakit atau kondisi ekstrem. Misalnya gatal karena digigit nyamuk biasanya diikuti benjolan kecil berwarna merah. Atau gatal karena kulit kering terbakar sinar matahari biasanya diikuti warna kulit menjadi memerah.


Jika anda tahu penyebab dari gatal, maka anda bisa mengobatinya sendiri. Tapi jika tanpa sebab, kulit terasa gatal dan diikuti perubahan warna dan bentuk, maka anda harus periksakan ke dokter. Karena bisa jadi merupakan gejala awal dari suatu penyakit yang serius, seperti gatal di kulit pada penderita kencing manis.


Gatal di kulit bisa juga karena kebersihan diri yang kurang. Biasanya akan diawali dengan rasa gatal, karena jamur atau kuman atau bakteri mulai hidup di kulit anda. Maka jalan terbaik adalah menjaga kebersihan diri. Gunakan sabun antiseptic, untuk membunuh kuman yang mulai hidup di kulit anda.

B. Cara menghilangkan gatal di kulit secara alami:

  • Jika gatal karena gigitan nyamuk, kena bulu ulat, atau gatal karena kulit kering, maka jika anda memiliki tanaman lidah buaya. Anda bisa memotong tanaman tersebut lalu oleskan bagian jellynya ke permukaan kulit yang gatal tadi. Lidah buaya memiliki efek pendingin dan menghilangkan gatal di kulit.
  • Gunakan madu untuk menghilangkan gatal di kulit. Madu memilki efek pendingin dan sifat antiseptik, pada kasus kulit kering, pecah di sertai gatal, oleskan madu di daerah tersebut. Dan ini akan menghilangkan rasa gatal.
  • Berikan es batu pada kulit yang gatal, terutama karena sengatan sinar matahari atau kulit yang kering. Atau bisa juga gunakan air dingin sudah cukup untuk menghilangkan gatal. Tapi jangan sekali-kali menggunakan air panas, karena akan memperparah kulit yang gatal.
  • Jika rasa gatal di seluruh tubuh, rendam dengan air dingin untuk beberapa saat bisa menghilangkan rasa gatal. Dan gunakan sabun yang mengandung sulfur untuk menghilangkan rasa gatal lebih lanjut.
Jika langkah-langkah di atas tidak bisa menghilangkan rasa gatal di kulit. Maka anda harus mulai mencoba obat antihistamin topikal, seperti bedak salisilat, atau bisa juga obat antihistamin oral, seperti CTM yang banyak tersedia di warung atau toko terdekat. Atau obat-obatan yang mengandung dipenhydramine. Tapi jika gatal tidak hilang juga, maka anda harus memeriksakan ke dokter, karena kemungkinan tanda dari penyakit kencing manis, jamur kulit, atau penyakit kulit lainnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved