.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Ada banyak cara untuk mengecilkan ukuran foto. Anda bisa menggunakan program PAINT yang sederhana, atau bisa juga PHOTOSHOP yang lebih lengkap. Dan hasilnyapun tidak jauh beda.

Memang mengecilkan ukuran foto atau gambar diperlukan ketika anda ingin upload foto tersebut ke FACEBOOK, TWITTER, atau foto profil di website. Karena ukuran foto yang terlalu besar bisa membuat waktu uploadnya lama. Selain itu ukuran foto atau gambar yang terlalu besar pada website bisa membuat waktu loadingnya lama, ini yang akan mengurangi nilai SEOnya.

A. Dasar mengecilkan ukuran foto.

Ketika anda mengecilkan ukuran foto atau gambar, anda pasti mengalami penurunan kualitas foto atau gambar. Maka siasati dengan mencari foto atau gambar yang memiliki kualitas bagus. Sehingga ketika foto atau gambar turun kuaitasnya, masih dalam penampilan yang bagus untuk dilihat.

Atau anda bisa menggunakan trik yang lain. Seperti dengan menghilangkan backgroundnya. Kemudian save ke dalam bentuk atau format PNG. Maka file yang akan didapat menjadi lebih kecil dan mudah diupload. Namun anda harus menggunakan PHOTOSHOP untuk mengeditnya.


Namun jika concern anda adalah ukuran tinggi dan lebar. Maka PAINT program sudah cukup untuk mengeditnya. Kemudian bisa disave ke dalam jpg format yang lebih kecil file-nya.


Ini sangat tergantung dari tujuan untuk mengecilkan foto. Sedang caranya akan banyak yang bisa diterapkan. Hanya hasilnya akan berbeda, karena menggunakan fitur yang berbeda, meskipun prosesnya sama yaitu mengecilkan foto.


Pemilihan gambar atau foto yang akan dikecilkan juga penting. Karena pada gambar atau foto yang terlalu detail atau mikro, sering memberi masalah saat dikecilkan. Mulai dari detailnya yang tidak kelihatan atau blur, kemudian hilang ketajaman gambarnya atau pikselnya. Maka solusinya adalah pemilihan gambar atau foto yang lebih polos, atau tanpa detail atau mikro atau teks di dalamnya.


Kita kadang tidak menyadari akan gambar yang berisi teks. Biasanya akan memberi masalah saat akan dikecilkan. Teksnya akan menjadi buram dan tak terbaca. Maka hindari penggunaan gambar teks untuk dikecilkan.

B. Cara mengecilkan foto atau gambar dengan menggunakan program PAINT:

Gambar berikut berukuran 431 kb dikecilkan menjadi 32 kb dengan menggunakan program PAINT. Buka foto, kemudian klik image >> strecth / skew >> masukan angka 25 persen, kemudian klik OK. Tinggal save dan selesai.

cara mengecilkan ukuran foto

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved