.

Cara Upgrade Laptop

Memang meng-upgrade laptop bisa meningkatkan performa laptop. Namun Laptop memiliki keterbatasan untuk di-upgrade. Tidak seperti dekstop yang mudah "dipreteli" atau di-disasembly, laptop yang memang dibuat compact dan mobile, membuatnya memiliki opsi yang terbatas untuk di-upgrade.

Anda juga harus menanggung resiko ketika opsi "upgrade" itu ada, bisa jadi anda memperoleh peningkatkan performa pada laptop anda dan bisa juga unstable sistem, ketika anda gagal meng-upgrade komponen dalam laptop.

Maka yang paling penting anda lakukan adalah pastikan bahwa laptop anda memiliki opsi upgrade, dapatkan manual atau googling di internet kemungkinan spek pada laptop yang bisa di-upgrade. Dan dapatkan komponen yang tepat untuk laptop anda.

Dan selalu lakukan back-up data berharga anda, sebelum anda melakukan upgrade. Karena jika terjadi sistem crash, maka data berharga anda tetap terjaga. Back-up yang terbaik adalah menempatkan data di luar sistem itu sendiri.

Berikut cara meng-upgrade laptop:

A. Laptop memiliki opsi upgrade.

Pastikan bahwa laptopmu memiliki opsi upgrade, lihat di buku manual atau googling di website manufacture, dapatkan "blueprint", apa yang bisa di-upgrade: Jika RAM bisa di-upgrade, pastikan ada free slot di laptop board dan jenis RAM-nya, FSB-nya. Lalu jika hardisk, pastikan jenis hardisk ide atau sata.

Sebenarnya anda harus mengetahui opsi upgrade ini saat anda membeli laptop tersebut. Lihat di postingan cara memberi laptop baru. Karena opsi upgrade ini menentukan nilai sebuah laptop di kemudian harinya. Jika laptop tidak memiliki opsi uprade, maka tidak ada jalan lain untuk mengupgradenya.

B. Upgrade di servis center.

Jika anda newbee, lebih baik bawa laptop ke service center, karena resiko membuka/disasembly laptop bisa merusak laptop itu sendiri. Namun tak salah mencoba/bereksperimen dengan laptop sendiri, toh banyak guide dan gambar tersedia cara mengupgrade laptop.

Memang pada laptop yang masih ada garansinya anda harus lakukan upgrade di service center. Karena jika segel garansi rusak bisa membatalkan jaminan garansinya, sayang..kan.

C. Paling mudah upgrade laptop RAM.

Cara termudah meng-upgrade komponen laptop dan bisa anda lakukan sendiri adalah upgrade pada RAM, hardisk, dan baterai. Sedang yang sulit anda lakukan adalah upgrade pada processor, display card, lcd.

Laptop RAM biasanya di-upgrade dengan membuka akses panel di bagian bawah laptop, buka satu sekrup/mur, kemudian pasang SODIMM yang baru. Selesai.

D. Upgrade laptop hardisk.

Laptop Hardisk bisa anda ganti dengan mungkin yang lebih besar kapasitasnya. Tinggal buka akses panel di bagian bawah laptop, ada dua sekrup pengaman yang harus anda buka dulu. Trus slide pelan-pelan, jangan sampai anda mematahkan pin-nya.

E. Upgrade laptop baterai.

Laptop baterai lebih mudah lagi upgrade-nya, karena anda mungkin terbiasa melepasnya jika tidak memerlukan baterai. Jadi anda tinggal beli baterai, sesuaikan dengan no serinya.

F. Upgrade laptop processor, display card dan LCD.

Hanya by accident saja anda harus meng-upgrade processor, display card dan LCD. Karena berbagai pertimbangan, anda mengganti LCD hanya jika rusak. Sedang upgrade processor kadang not worthy, karena motherboard laptop kebanyakan tidak mendukungnya. Sedang upgrade display card, jika LCD laptop mendukung, jika kapasitas LCD tidak mendukung akan sia-sia anda meng-upgrade display card. Ataupun jika anda mengupgade keduanya kadang too costly.

Selamat bereksperimen dengan meng-upgrade laptop anda. Semoga bisa meningkatkan performa laptop anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved