logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Meningkatkan Performa Laptop


Dengan meningkatkan performa laptop memang bisa membuat sistem bekerja lebih cepat. Namun design laptop yang dibuat compact, memang memaksa laptop mengabaikan kekuatan dan performanya. Laptop memang dikondisikan untuk "mobile purpose", jika anda ingin mem-boost atau me-speed up, maka anda harus merelakan beberapa fitur dalam laptop, untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Namun dengan meningkatnya performa laptop, membuat sistem bekerja lebih cepat dengan resiko overheat/panas yang berlebihan. Sudah tentu anda harus memikirkan jalan keluar, untuk mengatasi overheat akibat sistem yang lebih cepat. Termasuk lingkungan di mana laptop berada, hindari tempat-tempat yang membuat laptop menjadi lebih panas. Seperti tempat tidur, tempat tanpa ventilasi atau buat eksternal fan untuk mendinginkan laptop.

Memang banyak yang lebih menyukai meng-upgrade laptop untuk meningkatkan performanya. Namun jika laptop anda tidak bisa diupgrade, maka pilihannya dengan memodifikasi settingannya. Atau jika anda ingin bereksperimen dengan memodifikasi sistemnya.


Beberapa orang melakukan modifikasi sistem dengan membuang driver atau fitur yang tidak diperlukan diawal instalasi sistem. Misalnya, jika laptop hanya untuk "stand alone" atau tidak terkoneksi dengan network atau jaringan komputer lainnya, maka fitur dan driver networking bisa dibuang sejak dari awal instalasi sebuah sistem.


Sudah tentu modifikasi sistem akan beresiko membuat sistem menjadi tidak stabil. Maka anda harus hati-hati dan mencatat setiap yang anda lakukan saat mengedit sistem. Buat back-up terlebih dahulu sebelum anda melakukan perubahan pada sistem anda. Untuk berjaga-jaga seandainya ada sesuatu yang salah.


Berikut cara meningkatkan performa laptop:

A. Men-disable "startup program" yang tidak dibutuhkan.

Anda bisa menghapus program-program yang otomatis bekerja sendiri ketika sistem mulai loading, yang dikenal dengan "start-up program". Anda bisa men-disable-nya dengan cara klik start >> klik run, lalu ketik "msconfig" tekan enter. Muncul kotak dialog, hapus centang pada "startup" aplikasi yang tidak anda butuhkan.
langkah pertama meningkatkan performa laptop


B. Menonaktifkan layanan otomatis menjadi manual.

Nonaktifkan layanan yang tidak perlu dengan cara klik Start >> klik Run, lalu ketik "services.msc" tekan enter. Klik pada "Startup Type" untuk mengurutkan menu dengan kriteria ini, dan menonaktifkan layanan otomatis. Klik dua kali nama layanan dan pilih "Manual" dari menu drop-down "Startup type". Klik "Apply" untuk menyimpan pengaturan ini.
langkah kedua meningkatkan performa laptop

C. Menghentikan aplikasi yang memberatkan CPU.

Tekan tombol "CTRL" "ALT" dan "DELETE" key untuk membuka task manager. Klik tombol "Processes" tab dan klik pada "CPU" untuk melihat aplikasi berdasarkan prosesor yang digunakan. "Sistem Proses Idle" tidak merugikan, tetapi aplikasi lain yang menggunakan berat CPU harus dihentikan jika mereka tidak diperlukan. Anda dapat mengakhiri dengan mengklik "End Process" dan tekan "OK" pada dialog konfirmasi.
langkah ketiga meningkatkan performa laptop

D. Meng-upgrade RAM laptop.

Anda bisa meng-upgrade RAM laptop untuk meningkatkan performa laptop, sehingga setiap proses pada aplikasi yang sedang dibuka tidak lagi menggunakan hardisk, yang akses ratenya lebih lambat dari RAM. Sehingga sistem yang jelas menjadi lebih cepat dan lebih menekan panas, karena lebih efisien.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->