logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mengobati Sakit Perut


Kadang untuk mengobati sakit perut tidak memerlukan obat, seperti dengan minum air putih yang banyak. Dan ini kadang bisa menghilangkan nyeri di perut. Hal ini bisa jadi karena efek psikologi. Seperti mau menghadapi ujian sekolah, mau ketemu "calon mertua". Disini anda hanya menyiapkan mental anda, karena ketenangan dan kesiapan akan menghilangan efek psikologi tersebut.

Namun anda tidak bisa berlama-lama membiarkan sakit perut menyerang anda. Dan harus segera membawanya ke dokter. Karena beberapa sakit perut yang disertai diare berat, harus mendapatkan pengobatan medis yang cepat, karena bisa berujung pada syok dan mungkin kematian.

Namun mengobati sakit perut bisa menjadi rumit mengingat luasnya daerah perut, anda harus tahu di daerah mana rasa sakit perut berasal, gejalanya dan apa sebabnya. Kalau nyeri di daerah perut kiri atas, itu adalah lambung, maka kemungkinan adalah sakit maag. Dan sakit perut tidak datang dengan sendirinya, pasti ada penyebabnya, anda pasti tahu makanan yang anda makan sehingga anda tahu cara mengobatinya.

Berikut penyebab sakit perut dan cara mengobatinya:

A. Nyeri lambung/maag.

Sering terjadi karena terlambat makan/pola makan yang tidak teratur, sehingga asam lambung yang berlebih mengakibatkan iritasi di lambung. Gejalanya bisa mual, mules, nyeri perut kadang bisa muntah-muntah.

Pada maag ringan kadang dengan minum air putih yang banyak bisa meredakan nyeri lambung. Namun kadang jika sudah ada iritasi di lambung anda memerlukan obat-obatan, seperti "promaag", bila disertai dengan mual dan muntah anda bisa minum "primperan". Tapi jika sudah kronis dan terjadi tukak lambung anda harus berobat ke dokter. Untuk penanganan medis lebih lanjut, mungkin ada penyakit di sistem pencernaan.

B. Gangguan pencernaan.

Adalah penyebab umum dari sakit perut dan dapat terjadi karena berbagai macam alasan. Penyebab umum pada gangguan pencernaan adalah makan makanan pedas, minum alkohol, makanan berminyak, tembakau, stress dan obat-obatan. Jika Anda sering mengalami gangguan pencernaan ini bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius seperti GERD atau gastroesophageal reflux disease, hernia hiatus atau tukak lambung. Jika Anda memiliki gangguan pencernaan lebih dari tiga kali setiap minggu Anda harus mencari pengobatan medis.

Gejala/tanda-tandanya bisa Sakit perut, Nyeri dada, Berkeringat, Mual dan muntah, Kembung. Cara menyembuhkan gangguan pencernaan bisa dengan:
  • Minum Antasida/promaag, karena dapat membantu menenangkan asam lambung pada gangguan pencernaan. 
  • Berhenti merokok atau mengunyah tembakau, karena tembakau melemaskan katup di bagian atas lambung yang memungkinkan asam lambung untuk refluks ke dalam kerongkongan. Tembakau juga meningkatkan asam lambung.
  • Hentikan minum minuman beralkohol, bila dikonsumsi setiap hari, dapat menyebabkan sirosis hati/liver. Alkohol dimetabolisme oleh hati dan sangat berat untuk hati pada saat yang sama memprosesnya. 
  • Hindari minuman berkafein, karena kafein yang tinggi dapat menyebabkan pembentukan ulkus di lambung atau kerongkongan. 
  • Menghilangkan atau mengurangi stress
  • Jangan makan berminyak, gorengan, karena dengan makan makanan berminyak berarti empedu lebih bekerja keras untuk menghancurkan mereka. Jika Anda memiliki masalah dengan kandung empedu Anda, Anda akan mengalami rasa sakit setiap kali Anda makan makanan berminyak.
  • Jangan makan makanan pedas, karena bagi sebagian orang, diet dengan makanan pedas adalah cara hidup. Makanan pedas mempengaruhi lapisan perut dan beberapa orang tidak dapat mentolerir ini untuk satu alasan atau yang lain.

C. Keracunan makanan

Dapat terjadi karena makan makanan yang tidak dimasak dengan baik, kedaluarsa, atau terkontaminasi oleh bakteri E. coli dan salmonella.

Gejalanya mulai dari mual, muntah, nyeri perut yang melilit dan mungkin bisa diare ringan sampai berat, tergantung seberapa banyak makanan masuk ke dalam sistem pencernaan.

Pada diare berat, anda harus segera berobat ke rumah sakit/puskesmas terdekat. Karena ini adalah kegawatan medis, jika anda terlambat berobat, mungkin bisa terjadi dehidrasi, kemungkinan berlanjut ke tahap syok dan mungkin kematian.

Jika hanya mual dan makanan baru masuk ke lambung, anda bisa minum susu kental untuk memuntahkan makanan beracun tadi. Tapi jika sudah sampai ke usus halus dan usus besar biasanya terjadi diare, jika diare ringan anda bisa minum air kelapa untuk menetralkan racun dalam tubuh, sambil juga minum oralit(air putih dicampur gula dan garam), untuk mengganti cairan yang hilang. Anda bisa pelajari lebih lanjut di postingan cara mengobati keracunan makanan. Disitu dijelaskan cara mengobati keracunan ringan dan yang memerlukan pengobatan medis.

D. Sembelit/susah BAB

Lebih sering terjadi daripada yang kita kira, baik pada laki-laki maupun perempuan, tua-muda, semua pernah mengalaminya. Jika anda Buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, maka anda disebut terkena sembelit. Penyebabnya karena kurang bergerak, dehidrasi, dan konsumsi rendah serat terlalu banyak dalam makanan, seperti keju dan produk susu lainnya.

Gejalanya adalah ada rasa ingin buang air besar tapi tidak dapat BAB, biasanya diikuti dengan kembung, sakit perut kadang mual dan muntah.

Cara mengatasinya kadang tanpa obat, anda tinggal sering bergerak, olah raga. Minum yang banyak, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak akan memudahkan buang air besar. Pilihan terakhir menggunakan obat pencahar, seperti dulcolax supp, yang dimasukan lewat anus. Anda harus berhati-hati dalam menggunakan obat pencahar lainnya, dan harus dengan resep dokter, karena jika berlebihan bisa mengakibatkan diare. Lebih detailnya bisa dicek di postingan cara mengobati sembelit. Disitu dijelaskan lebih lengkap tentang sembelit.

E. Nyeri perut karena kram mentruasi

Terutama pad wanita yang sedang haid, biasanya bisa ringan sampai berat. Dan terjadi pada hari pertama dan kedua pada siklus mentruasi.

Gejalanya bisa nyeri perut bagian bawah sampai punggung bagian bawah, jika sangat parah anda harus mencari bantuan medis. Jika hanya nyeri ringan hanya dengan Ibuprofen, ponstan, bisa mengatasi rasa nyerinya.

Banyak sakit perut yang bisa diobati dengan memperbaiki pola makan dan hidup yang sehat. Namun pada kegawatan medis, anda harus mencari bantuan medis dengan segera. Berhati-hatilah jika nyeri perut kanan bawah bisa jadi itu tanda awal usus buntu.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->