logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mengobati Sakit Kepala

Untuk mengobati sakit kepala, anda harus bisa mengidentifikasi jenis sakit kepala tersebut. Kebanyakan sakit kepala dipicu karena ketegangan, stress, kelelahan, alkohol, kebisingan dan makanan. Dalam hal ini istirahat sejenak, kadang bisa menghilangkan rasa sakit kepala. Namun jika anda sudah mencoba dengan menggunakan obat analgesik dan sakit kepala masih tetap ada, maka anda harus memeriksakan ke dokter, karena mungkin ada penyakit lebih mendasar di belakangnya. Beberapa penyekit serius memberi gejala berupa sakit kepala.

Sebenarnya sakit kepala karena ketegangan adalah jenis yang umum, karena ini biasanya berkembang dari stres fisik maupun emosional. Yang kemudian memicu kontraksi otot di belakang mata, dahi dan berbagai tempat di kepala, hingga kadang terasa berdenyut-denyut sampai di belakang kepala. Kadang sakit ini berulang-ulang hingga anda kesulitan melakukan aktifitas sehari-hari.
Sekitar 90 persen dari semua sakit kepala adalah akibat ketegangan. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati sakit kepala:

A. Pijatan pada bagian yang sakit.

Beri pijatan pada bagian pertama yang terasa sakit. Menggunakan bantalan jari Anda, tekan dengan lembut dan gosok kulit kepala, belakang leher, pelipis dan bahu. Pijatan lembut ini akan mengurangi ketegangan di otot kepala.

B. Kompres panas atau dingin.

Gunakan kompres panas atau dingin, atau bergantian antara keduanya. Bisa juga dengan mandi air hangat, atau gunakan waslap hangat atau bantal pemanas di bagian belakang leher Anda. Gunakan juga kantong es di dahi, bagian belakang leher atau bagian atas kepala Anda. Karena rasa hangat dan dingin bisa memberi rasa nyaman di kepala.

C. Gunakan minyak aromaterapi.


Masukan beberapa tetes minyak esensial lavender atau peppermint ke dalam bak mandi, atau menggosok beberapa tetes pada pelipis, tengkuk dan garis rambut. Pemakaian aromaterapi bisa menginduksi sistem syaraf di kepala, meredakan ketegangan dan membuat tubuh menjadi lebih relaks.

D. Minum minuman berefek menenangkan.

Minum teh herbal, yang membantu untuk meringankan sakit kepala, seperti juga chamomile, peppermint, yang berefek menenangkan. Secangkir kopi panas yang kuat membantu untuk meringankan jenis sakit kepala yang kongestif.

E. Konsumsi suplemen.

Ambil suplemen jika Anda mengalami sakit kepala yang berulang. Kalsium dan magnesium meredakan ketegangan otot, enzim bromelain mengurangi peradangan, dan glukosamin sulfat dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit.

F. Merilekskan diri sendiri.

Bayangkan otot-otot di dalam kepala dan leher, coba untuk melonggarkan dan santai. Cobalah untuk terus membayangkan dan relaks setidaknya setengah menit setiap jam.

G. Hindari makanan yang manis dan garam.

Hindari permen, minuman dengan es, es krim dan garam. Semua ini dapat memperburuk sakit kepala. Karena akan meningkatkan tekanan dalam darah, dan berakibat sakit kepala.

H. Minum pereda sakit kepala.

Jika anda sibuk, anda bisa gunakan obat pereda sakit, seperti decolgen, antalgin, dll. Ingat anda harus mengidentifikasi dulu penyebabnya, sebelum memutuskan mengkonsumsi obat-obatan analgesik.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->