logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mengobati Jamur Kulit di Kaki


Untuk mengobati jamur kulit sangat diperlukan faktor kebersihan diri dan pola hidup sehat. Jamur kulit sering kambuh karena membiarkan kondisi yang baik untuk tumbuhnya jamur kulit, yaitu lembab dan buruknya sanitasi.

Jamur kulit di kaki yang bahasa kerennya "rangen" atau "athele's foot", disebabkan oleh tumbuhnya jamur pada jaringan mati di kulit luar, kuku dan rambut di kaki. Biasanya karena mengenakan sepatu yang ketat dan didukung iklim yang panas dan lembab.

A. Gejala jamur kulit di kaki.

Gejala dari jamur kulit di kaki adalah biasanya kulit pecah-pecah, melepuh, kemerahan, gatal-gatal, iritasi dan rasa terbakar. Jika semakin dibiarkan bisa menimbulkan bau yang khas dan tidak nyaman.

Sanitasi dan kebersihan diri yang buruk sering membuat penyakit ini sulit sembuh dan mudah kambuh. Maka solusinya harus enjaga kebersihan diri dan jaga lingkungan tempat tinggal tetap bersih. Serta usahakan apapun yang dikenakan harus bersih pula.

B. Cara mengobati jamur kulit di kaki atau "rangen":

  • Hindari menggunakan sepatu yang terlalu ketat. Beri kesempatan pada kulit di kaki untuk bernafas. Kalau bisa pakai sepatu yang ada talinya.
  • Biasakan Tiap kali berganti kaos kaki dan usahakan membersihkan kaos kaki dengan direndam air panas, sebelum dicuci. Ini untuk menghindari kontaminasi ke diri sendiri, maupun orang lain. Dan usahakan menjemurnya terkena sinar matahari.
  • Usahakan jangan menggunakan alat pembersih kaki bersama-sama, gunakan khusus untuk diri sendiri dan bersihkan dengan air panas untuk membersihkan semua alat yang dipakai.
  • Hindari toilet umum yang kurang terjaga kebersihannya. Seperti toilet di tempat gym, futsal, anda punya pilihan untuk menghindari tempat olahraga yang tidak terjaga kebersihannya.
  • Biasakan membersihkan kaki dengan sabun antiseptik atau bisa juga yang mengandung sulfur cukup baik untuk kulit. Dan jaga agar kulit di kaki selalu kering, bisa dengan menggunakan handuk yang kering atau hair dryer. Ini sangat penting untuk menjaga agar jamur tidak tumbuh dan menyebar. Lakukan setiap kali sehabis melepas sepatu atau kaos kaki.
  • Hindari untuk menggaruk daerah yang gatal, karena akan menyebabkan infeksi lanjutan. Gatal biasanya terjadi jika jamur sudah mulai tumbuh subur dan menyebar di bagian lain pada lipatan kaki.
  • Jika jamur sudah mulai tumbuh subur, hidrogen peroksida yang dilarutkan bisa membantu membunuh jamur yang sudah tumbuh di jaringan mati pada kulit kaki. Jika kulit anda sensitif pada hidrogen peroksida yang sudah dilarutkan, maka larutkan lagi lebih encer.
  • Cat kuku sangat baik untuk mengeringkan kulit, sekaligus membunuh jamur yang tumbuh di kulit mati.
  • Jika tak kunjung sembuh atau anda terlambat menanganinya, konsultasikan dengan dokter kulit, kemungkinan adanya infeksi sekunder.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger
-->