.

Cara Mengobati Jamur di Lipatan Paha

A. Jamur kulit di lipatan paha.

Memang buruknya pola hidup sehat sering menyulitkan dalam mengobati jamur kulit di lipatan paha. Jamur kulit ini sering kambuh, walau telah sembuh 100%. Sanitasi yang buruk dan lingkungan yang lembab, membuat jamur kulit ini tumbuh subur di lipatan paha.

Jamur kulit di lipatan paha ini sering dikenal dengan "tinea cruris". Sering tumbuh subur di daerah lipatan paha, area genital dan lipatan bokong. Jamur kulit jenis ini mudah menular, bahkan sering menimbulkan infeksi sekunder, karena digaruk dan menyebar ke tempat yang lain.


Gejala jamur kulit di lipatan paha biasanya gatal, rasa terbakar di daerah paha, lipatan bokong dan daerah genital. Muncul kemerah-merahan melingkar dan ada penebalan di tepinya. Kemerahan ini tampak nyata di daerah paha, bokong dan genital, kadang mungkin menyebar di daerah lain di kulit.

B. Cara mengobati jamur kulit di lipatan paha, bokong dan daerah genital adalah sebagai berikut:

1. Hindari pakaian yang ketat.

Hindari menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat. Karena akan membuat kulit di daerah genital lembab dan ini menyuburkan tumbuhnya jamur kulit.

2. Mencegah terkena jamur berulang.

Biasakan tiap kali berganti pakaian dalam dan usahakan membersihkan pakaian dalam dengan direndam air panas, sebelum dicuci. Ini untuk menghindari kontaminasi ke diri sendiri, maupun orang lain. Dan usahakan menjemurnya terkena sinar matahari.

3. Hindari menggunakan handuk secara bersama.

Usahakan jangan menggunakan handuk bersama-sama, gunakan khusus untuk diri sendiri dan bersihkan dengan air panas untuk membersihkan semua handuk dan alat yang dipakai.

4. Hindari toilet yang kurang bersih.

Hindari toilet umum yang kurang terjaga kebersihannya. Seperti toilet di tempat gym, futsal, anda punya pilihan untuk menghindari tempat olahraga yang tidak terjaga kebersihannya.

5. Gunakan antiseptik untuk membersihkan lipatan paha.

Biasakan membersihkan lipatan paha dan daerah genital dengan sabun antiseptik atau bisa juga yang mengandung sulfur cukup baik untuk kulit. Dan jaga agar kulit di lipatan paha selalu kering, bisa dengan menggunakan handuk yang kering. Ini sangat penting untuk menjaga agar jamur tidak tumbuh dan menyebar. Lakukan setiap kali sehabis mengganti pakaian dalam.

6. Jangan menggaruk daerah yang terkena jamur.

Hindari untuk menggaruk daerah yang gatal, karena akan menyebabkan infeksi lanjutan. Gatal biasanya terjadi jika jamur sudah mulai tumbuh subur dan menyebar di bagian lain pada lipatan paha dan daerah genital.

7. Kemungkinan penggunaan obat-obatan.

Gunakan antifungal krim, bedak maupun spray. Kadang obat oral seperti griseofulvin membantu mengatasi infeksi jamur, seperti jenis ring worm, kandidiasis. Namun hati-hati menggunakan obat ini karena punya efek samping menurunkan nafsu makan dan gangguan di pencernaan pada penggunaan jangka panjang.

Jika tak kunjung sembuh atau anda terlambat menanganinya, konsultasikan dengan dokter kulit, kemungkinan adanya infeksi sekunder. Pengobatan jamur kulit sering memerlukan waktu yang lama, dan sering berulang. Maka perlu  menjaga kebersihan diri dan sanitasi yang lebih baik. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved