logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Gambar Bergerak


Membuat gambar atau foto bergerak memang sedikit membutuhkan waktu dan kreatifitas. Disini anda harus jeli memanfaatkan gambar yang akan dibuat bergerak dengan memanfaatkan fitur photoshop cs2 dan image ready cs2. Fitur yang akan kita gunakan adalah fitur extract, marquee tool dan animation.

Dengan membuat gambar atau foto bergerak ini bisa dimanfaatkan untuk foto profil di  web anda, bahkan bisa sebagai media iklan. Karena tidak perlu banyak file, tapi satu file dengan isi banyak file. Memang resikonya file menjadi lebih besar dan lambat ketika dibuka, tapi anda bisa mensiasati dengan mengecilkan susunan filenya, tanpa mengorbankan kualitas hasilnya dan pesan yang akan disampaikan.

A. Dasar membuat gambar bergerak.


Perhatikan dalam membuat gambar atau foto bergerak hindari untuk membuat settingan gambar yang berakhir atau selesai. Jadi anda harus mengolah gambar tersebut dalam bentuk loop, yang terus bergerak tanpa berhenti atau tanpa mencapai titik akhir. Sehingga kesannya gambar itu tidak dulang-ulang, walau memang membuatnya diulang-ulang.

Bisa juga dibuat loop sebuah dialog, atau event. Karena gambar bergerak pada prinsipnya seperti slideshow. Kumpulan gambar yang ditampilkan dengan time setting tertentu. Sebuah dialog atau chatting bisa dibikin seperti sebuah gambar bergerak. Hanya perlu pengaturan waktu yang pas agar yang melihat bisa membaca dialog yang tertulis tersebut.

Apa yang akan dibuat dalam gambar atau foto bergerak berikut adalah sebuah contoh. Hanya ditampilkan prinsipnya saja. Anda bisa berkreasi dengan gambar bergerak yang lebih rumit, sehingga gambar tersebut nampak "hidup".

B. Langkah membuat gambar atau foto bergerak:

  • Buka gambar yang akan dibuat bergerak. Kali ini mengambil gambar pesawat terbang, yang akan dibuat bergerak atau terbang tanpa henti.
cara membuat gambar bergerak

  • Lalu dengan marquee tool, copy paste backgroundnya menjadi 8 background yang berbeda nuansa awannya. kemudian copy pesawat yang sudah di-extract tadi sehingga menjadi 8 gambar pesawat dengan background awan yang berbeda.
cara membuat gambar bergerak

  • Kemudian buka image ready cs2, buka 8 gambar tadi, trus klik window >> animation. Copy semua frame ke dalam satu set animation. Buat semua frame dengan settingan forever dan timing 0,1 sec. Lalu cek hasilnya dengan mengklik tanda play di menu animation.
langkah membuat gambar bergerak

  • Jika cukup puas dengan settingan animation, edit ke photoshop untuk men-save ke dalam .gif file dengan cara save for web >> lalu pilih GIF untuk extension file-nya. Dan selesai.


cara membuat gambar bergerak

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->