logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membeli Laptop Baru


Membeli laptop baru lebih mudah dari membeli laptop bekas, yang jelas anda tidak perlu khawatir dengan kondisi laptop baru, yang pasti 100%. Hanya anda harus jeli mengamati perkembangan laptop, usahakan membeli laptop saat manufactur sedang launching new product. Biasanya mereka menurunkan harga untuk menarik minat pembeli, walau investasi produk mereka belum breaking point(belum balik modal). Tapi hati-hati ketika banyak peminat yang mau beli, mereka akan menaikan harga secara signifikan.

Saingan produk laptop adalah ultrabook dan tablet, anda harus mencermati fitur laptop yang anda beli, sehingga laptop yang anda beli memiliki teknologi "seperti" ultrabook dan tablet. Dan yang jelas sesuaikan dengan keperluan anda untuk membeli laptop.


Berikut tips/cara membeli laptop baru:

A. Sesuaikan dengan keperluan dan anggaran anda

Belilah laptop sesuai dengan keperluan anda, misal anda tidak perlu gaming laptop yang mahal hanya untuk keperluan bisnis. Dan sesuaikan dengan anggaran yang direncanakan, sehingga anda tidak membeli yang tidak perlu.

B. Mobilitas

Kalau anda lebih sering menggunakannya outdoor, maka anda mungkin hanya perlu laptop yang baterainya kuat(lebih tahan lama). Dengan itu anda harus mengecilkan ukuran layar, untuk menghemat konsumsi baterai, ukuran 10-12 inch mungkin baik.
Namun jika anda cenderung indoor dan untuk keperluan grafis, maka layar menjadi prioritas anda. Ukuran 16-17 inch mungkin akan menyenangkan untuk foto editing, maupun video editing.

C. Upgradable

Belilah laptop yang memiliki opsi upgradable, ini akan tertulis di spek-nya. Baik itu RAM-nya upgradable, ataupun komponen lainnya. Ini akan memperpanjang masa pakai laptop anda, dan bisa mengikuti perkembangan program/sistem operasi pada laptop.

D. Teliti spek-nya

Jika processor-nya yang baru rilis, cek RAM-nya, apakah sudah sesuai dengan kemampuan processor-nya. Juga bandingkan juga dengan jenis hardisk, karena ketiga komponen ini merupakan backbone dari sistem operasi pada laptop.

E. Jenis display card-nya

Pastikan anda tidak hanya terkesan dengan kejernihan dan diameter screen laptop, tapi cek jenis display card-nya. Mengingat tak ada gunanya besar dan jernihnya screen tapi display card-nya cuma "standart Intel"
Apalagi jika anda akan menggunakannya untuk video/foto editing, minimal anda harus punya branded ATI ataupun NVIDIA. Dan juga perhatikan besarnya memory on display card, ini sangat penting.
Walau display card-nya bukan "standart Intel", jika masih pakai SIS ataupun S3, lebih baik anda hindari. Pikirkan performanya dalam foto/video editing, branded display card sangat diperlukan.

F. Masa Garansi

Kalau bisa garansi 3 tahun full service dan spare part, karena saat dua tahun lewat anda bisa resale laptop anda dengan harga yang menarik. Lagian anda tidak akan dipusingkan dengan kerusakan selama tiga tahun.

G. Layanan purna jual

Belilah laptop yang memiliki layanan purna jual yang baik, misal di website laptop tersebut mudah mendapatkan driver untuk upgrade, ataupun install ulang. Jika bisa full support seandainya anda ingin memiliki multiple OS dalam laptop anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->