logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apakah Kegemukan adalah Penyakit?

Beberapa jurnal medis mengatakan bahwa kegemukan adalah penyakit, sehingga harus dicari jalan keluar untuk menurunkan berat badan. Namun beberapa pihak mengatakan kegemukan adalah gaya hidup, sebuah simbol kemapanan, selama mereka bisa bebas dari penyakit tidak menjadi masalah serius. Meskipun kegemukan bisa menjadi faktor resiko pada beberapa penyakit yang serius.

Namun beberapa jurnal medis kembali "menyerang", walau bukan pemicu, namun kegemukan menjadi faktor utama penyebab beberapa penyakit yang mematikan dan berbahaya, serta memperlambat proses pengobatan. Beberapa lembaga asuransi juga "menyerang", dengan data yang mereka miliki, mayoritas klaim adalah orang yang dikategorikan "kegemukan".

A. Fakta seputar kegemukan:

  • Kegemukan menempatkan sesorang pada resiko: kencing manis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan beberapa macam kanker.
  • Ilmuwan tidak setuju bahwa kegemukan adalah penyakit, meskipun pada beberapa penelitian menunjukan kegemukan memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai penyakit.
Beberapa penelitian menemukan bahwa kegemukan tidak hanya menyebabkan perubahan struktural dalam jaringan lemak seseorang, tetapi juga menentukan bagaimana tubuh menangani lipid, insulin dan gula darah. Akibatnya, lemak berada di tempat yang tidak biasanya ditemukan, seperti di dalam otot, jaringan hati, jantung dan pankreas, sehingga mengganggu kemampuan organ untuk "berfungsi" dengan benar.

Meskipun kegemukan tidak dikategorikan penyakit, beberapa layanan medis memasukan penurunan berat badan sebagai tindakan medis pada beberapa penyakit yang mematikan. Seperti: pada beberapa penyakit jantung, kencing manis, tekanan darah tinggi, bahkan kanker juga. Layanan medis bahkan juga memasukan tindakan operasi dalam menurunkan berat badan, walau perilaku hidup sehat sudah mulai disorot, untuk pencegahan sekaligus menghemat anggaran kesehatan yang membengkak.

Bagi anda yang memiliki kecenderungan untuk "gemuk", mungkin anda harus mulai berhati-hati mengingat kegemukan merupakan faktor resiko beberapa penyakit mematikan. Memang tidak absolut jika anda harus menurunkan berat badan, bisa jadi kegemukan sudah ada di keluarga anda, menjadi gaya hidup. Yang perlu diperhatikan adalah mengelola faktor resiko, jika ada keluarga yang menderita penyakit.

B. Mengelola faktor resiko "kegemukan":

  • Polba hidup sehat, istirahat cukup dan lakukan olahraga rutin, terutama olahraga yang "memaksa" jantung untuk berdetak kencang, seperti bersepeda.
  • Atur pola makan yang sehat, makan makanan penurun kolesterol dan hindari makanan "penimbun" kolesterol, seperti minyak goreng, santan, daging merah, dll.
  • Jauhi stress, normal stres mungkin baik bagi ketahanan tubuh, lebih baik lagi kelola stress anda.
  • Minum air yang banyak akan menjaga metabolisme tubuh Anda dan mengeluarkan semua racun yang tidak diinginkan dari tubuh Anda. Jadi, hal pertama dan terpenting yang harus diperhatikan ketika Anda berencana untuk keluar dari kegemukan adalah perhatikan asupan air Anda. Minimal 8-10 gelas air sehari, selain dari air yang Anda minum saat berolahraga. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->