logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Makanan Penurun LDL Cholesterol

A. LDL Cholesterol.

Beberapa makanan memiliki khasiat penurun LDL(Low Density Lipoprotein) cholesterol(lemak jenuh), makanan tersebut lebih alami dalam menurunkan LDL cholesterol daripada menggunakan obat-obatan penurun cholesterol. Obat-obatan memang cenderung memiliki effek samping ke organ dalam tubuh kita, terutama ginjal dan hati. Jadi sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang sehat daripada menggunakan obat-obatan untuk menurunkan cholesterol.

LDL cholesterol yang lebih dikenal cholesterol "jahat", merupakan faktor resiko terjadinya beberapa penyakit pembunuh, seperti serangan jantung, stroke. Jika anda mengabaikan LDL cholesterol menumpuk di dalam pembuluh darah, akan meningkatkan resiko pada diri anda untuk "cacat"(lumpuh karena stroke) atau lebih parah lagi "meninggal"(karena serangan jantung).

Penggunaan makanan untuk menurunkan LDL cholesterol identik dengan pola hidup sehat/pola makan sehat. Konsumsi makanan cepat saji yang lebih mengutamakan "nikmat", mengesampingkan unsur-unsur "jahat" bagi tubuh kita. Sehingga jangan heran banyak penderita stroke ataupun serangan jantung di usia muda.

B. Beberapa makanan penurun LDL cholesterol:

1. Kacang kedelai

Mengandung isoflavon adalah suatu zat yang bisa menurunkan LDL cholesterol. Anda bisa mengkonsumsi langsung dalam bentuk susu kedelai, ataupun olahannya seperti tahu, tempe. Disini anda disarankan mengolah sendiri kacang kedelai ataupun olahannya tersebut, daripada membeli yang sudah jadi, yang dikhawatirkan tercampur dengan zat yang mengandung LDL cholesterol, seperti minyak goreng, susu, mentega dll. Jadi kalau ingin menurunkan cholesterol jangan memasak tahu/tempe dengan menggorengnya. Tapi bisa dengan mengkukusnya/steam untuk bikin "tempe penyet".

2. Kacang-kacangan

Adalah makanan yang mengandung serat larut yang tinggi, sehingga jika mengkonsumsinya bisa menurunkan LDL cholesterol. Seperti buncis, kacang panjang, kacang merah jika dikonsumsi bisa menurunkan kadar cholesterol 10% dalam darah. Anda bisa memasaknya sebagai sayuran seperti sayur sop atau asem-asem, tapi tidak disarankan dalam bentuk oseng-oseng yang menggunakan minyak goreng dalam memasaknya.

3. Ikan Laut

Banyak ahli menyarankan untuk mengkonsumsi ikan laut karena mengandung asam omega-3 yang bisa menurunkan LDL cholestrol dan trigliresida. Seperti pada ikan salmon, tuna, dll. Tapi jangan mengkonsumsi ikan asin atau klotok, atau memasaknya dengan menggorengnya. Siasati dengan membakar atau oven, jika khawatir akan ada bau amis jika anda memasak dengan men-steam(kukus).

4. Bawang putih

Bumbu masak yang di masa lalu sebagai "pengusir setan" ini bisa menurunkan cholesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh dari infeksi. Pada penelitian terbaru ternyata bawang putih bisa mencegah partikel cholesterol menempel di dinding pembuluh darah, yang otomatis mencegah penyempitan pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya stroke  ataupun serangan jantung.

5. Sayur bayam

Memang tidak diragukan sangat baik bagi kesehatan jantung, sayur bayam mengandung lutein, zat yang aktif mencegah lemak menempel di pembuluh darah. Di samping itu sangat baik juga bagi kesehatan mata. Bisa dikonsumsi dalam bentuk lalapan ataupun sayuran, cuma jangan dicampur dengan santan ataupun parutan kelapa. Mengingat santan kontributor utama LDL cholesterol.

6. Teh

Mengandung flavonoid, zat antioksidan yang berguna mencegah penumpukan cholesterol dalam pembuluh darah. Teh hangat di pagi hari cukup memenuhi kebutuhan untuk sehari. Beberapa orang mengkonsumsi teh dengan susu, yang membuat efek penurun cholesterol menjadi tak berarti. Terutama dengan susu full cream, skim.

Sebenarnya banyak makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang punya kontribusi besar dalam menurunkan LDL cholesterol, tinggal kita pilih yang murah dan tersedia di sekitar kita. Yang terpenting cobalah mengolah sendiri semua makanan anda, karena selain lebih hygenis juga anda bisa mengontrol agar tidak "terkontaminasi" dengan bahan makanan penghasil LDL cholesterol.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->