.

Cara Mengobati Mata Merah

Jika Anda mengalami mata merah, maka penting untuk mengetahui penyebabnya. Karena mata merah bisa menjadi tanda keadaan darurat medis. Pada mata merah yang ringan biasanya tanpa rasa sakit, dan terjadi ketika pembuluh darah di dekat permukaan mata menjadi membesar dan melebar.

Namun keadaan menjadi tidak nyaman saat bangun tidur. Kadang kelopak mata susah dibuka, karena produksi air mata saat tidur yang membuat kotoran menempel di kelopak mata. Sehingga seolah-olah  merekatkan kedua kelopak mata.

Meskipun cara terbaik untuk mengobati mata merah dengan berobat ke dokter mata. Namun untuk mata merah yang ringan mungkin bisa Anda lakukan pengobatan sendiri di rumah. Tapi anda harus tahu dulu penyebabnya.

A. Beberapa penyebab dari mata merah:

Menurut jurnal medis, mata merah bisa disebabkan karena:
1. Conjungtivitis
Konjungtivitis dikenal dengan mata merah muda, adalah peradangan atau infeksi pada lapisan conjungtiva, bagian pelindung yang melapisi bagian depan mata. Mata merah muda dapat disebabkan oleh alergi, bakteri, virus, atau zat beracun.

2. Blepharitis
Blepharitis menyebabkan peradangan pada kelopak mata dan bulu mata dan mungkin disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada kelopak mata. Kelenjar kelopak mata berminyak, reaksi alergi, infeksi bakteri, atau kutu pada bulu mata juga menjadi penyebab umum dari blepharitis.

3. Uveitis
Uveitis, peradangan uvea mata, dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, pandangan kabur dan sensitif terhadap cahaya. Uveitis harus ditangani dengan cepat karena komplikasi lain, seperti uveitic glaukoma/retina dan jaringan parut pada choriodal, dapat terjadi jika tidak ditangani dengan tepat.

4. Mata kering
Air mata melindungi mata kita dengan pelumasan, memberi nutrisi dan melindungi permukaan mata. Ketika air mata kurang, mata kita dapat menjadi kering dan teriritasi. Kekeringan kronis dapat menyebabkan permukaan mata menjadi meradang dan pembuluh darah membesar, menyebabkan kemerahan meningkat.

5. Penggunaan Tetes Mata berlebihan
Anehnya, seringnya menggunakan "obat mata merah" dapat membuat mata terlihat lebih merah. Ini karena obat pemutih mata menyebabkan pembuluh darah di mata membesar, menyebabkan mata tampak lebih merah.

6. Penggunaan Lensa kontak
Memakai lensa kontak kadang-kadang dapat menyebabkan kemerahan mata. Pada beberapa orang, hanya dengan memakai lensa kontak sudah cukup untuk membuat mata merah.

7. Cedera
Kemerahan kadang-kadang terjadi karena cedera mata. Pembuluh darah di mata membesar dan melebar untuk membawa sel untuk menyembuhkan dan memperbaiki cedera.

8. Ulkus kornea atau Infeksi
Jika kornea mata terinfeksi, pembuluh darah di dekatnya membesar dan bengkak, sehingga sel menyerbu masuk untuk membantu memerangi infeksi. Sel-sel ini dapat menyebabkan kemerahan terlihat.

9. Perdarahan subconjunctival
Sebuah pembuluh darah yang bengkak sering menyebabkan perdarahan subconjunctival. Bila rusak, pembuluh darah berdarah dan menyebar di bawah konjungtiva. Perdarahan subconjunctival bisa disebabkan oleh bersin, batuk, mengejan, muntah, trauma, tekanan darah tinggi, diabetes dan kadang-kadang dari kelainan darah tertentu.

10. Glaukoma akut
Glaukoma yang akut adalah keadaan darurat medis serius yang harus segera diobati. Jenis serius glaukoma menyebabkan kemerahan menyakitkan yang biasanya terjadi pada satu mata.

B. Cara mengobati mata merah yang berkategori ringan:

Jika gangguan pada mata merah anda karena kelelahan dan bukan karena gangguan medis pada mata, maka anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:
1. Lebih banyak istirahat. 
Kadang-kadang hanya dengan mengistirahatkan mata Anda, dapat menjernihkan kondisi mata. Karena seperti mata merah pada umumnya disebabkan oleh stres dan kelelahan. Ini bisa menjadi pengobatan yang efektif jika tidak ada infeksi virus di dalamnya.

2. Gunakan obat tetes mata.   
Ada kalanya mata Anda menjadi kering dan ini menyebabkan mata merah. Air mata buatan yang dihasilkan oleh tetes mata melembabkan kembali mata  Anda, sehingga menyembuhkan mata merah.

3. Gunakan pencuci mata.   
Pencuci mata membantu untuk menghilangkan benda asing yang mungkin ada di mata Anda.

4. Gunakan kompres.   
Kompres adalah pilihan terbaik, terutama jika penyebab mata merah adalah infeksi virus atau bakteri. Sebuah kompres hangat akan membuat mata Anda bebas dari kotoran apapun, sementara kompres dingin akan mengurangi rasa panas dan pembengkakan yang dapat menyertainya.

Anda juga bisa mengkonsumsi pisang untuk kesehatan mata anda. Lihat di postingan manfaat pisang, disitu dijelaskan pisang bisa membantu menyehatkan mata. Jika pengobatan pertama yang anda lakukan tadi tidak berhasil, anda harus segera memeriksakannya ke dokter mata.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved