logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Memproteksi Laptop/PC dari Virus

Tidak mudah untuk menghilangkan virus, jika sistem dan dokumen sudah terinfeksi virus. Jika sudah terlambat, kita harus merelakan dokumen berharga rusak dan hilang selamanya. Maka jalan terbaik untuk memproteksi laptop/PC dari virus adalah dengan mencegah virus masuk ke dalam sistem komputer. Sesuatu yang mustahil untuk tidak bersinggungan dengan virus, karena komputer terhubung dengan internet, di mana tempat segala yang baik dan yang buruk.

Maka mau tidak mau anda harus mengandalkan sebuah program antivirus untuk menjaga dan memproteksi computer dari virus/malware lainnya. Beberapa program antivirus memang bisa memperlambat laptop/PC anda. Ini adalah konsekwensi dari penggunaan antivirus untuk proteksi laptop/PC.

A. Dasar dari proteksi PC atau laptop dari virus.

Jalan lain adalah membuat system yang lebih dari satu atau multiple system. Satu system akan dipasang antivirus untuk memproteksi laptop/PC saat terhubung ke internet atau flash disk. Sedang system yang lain bisa digunakan tanpa antivirus, sehingga bisa digunakan untuk bekerja lebih cepat. Ini trik yang sudah lama diterapkan para pengguna laptop/PC. Cara ini juga bisa mensiasati penggunaan laptop/PC yang sudah jadul. Karena ini akan menghemat resource pada laptop.

Namun tetap yang terbaik gunakan antivirus. Dan selalu backup data anda pada tempat lain. Seperti eksternal hardisk, flashdisk, DVD, ini untuk menjaga data anda dari serangan  virus dan kemungkinan system yang rusak akibat seraangan virus. Beberapa virus tidak tanggung-tanggung bisa merusak data dengan ekstensi tertentu dan langsung menghapusnya tanpa konfirmasi dari pemilik data. Maka gunakan antivirus untuk memproteksi data anda.

B. Cara memproteksi Laptop/PC dari Virus:

  • Install Antivirus terpercaya dan selalu update secara teratur, Anda bisa menggunakan Avast, AVG ataupun Avira, atau antivirus lainnya misalnya antivirus lokal Smadav. Tapi saya lebih menyarankan anda menggunakan Norton Antivirus, selain loading ratenya ringan, juga handal memproteksi laptop/PC anda selama online.
  • Jangan membuka lampiran email yang berisi file berekstensi .exe, .scr, .vbs atau berekstensi ganda seperti .txt.vbs. Tapi biasanya Norton sudah meng-alarm begitu kita mendownload sesuatu yang terinfeksi virus/malware.
  • Hati-hati saat menerima kiriman file dari email(attachment), selalu waspadalah untuk tidak melakukan kecerobohan yang malah akan merugikan Anda.
  • Jangan membuka email yang mencurigakan atau spam entah itu berisi iming-iming video gratis atau lagu gratis atau produk gratis.
  • Usahakan untuk menyimpan dokumen di drive tersendiri, terpisah dari sistem drive.
  • Scan virus pada file sebelum Anda mendownload atau membukanya.
  • Scan virus pada file attachment email sebelum anda membukanya.
  • Jangan mengklik link yagn dikirimkan ke Anda di dalam instant message.
  • Waspadalah terhadap file program yang mencurigakan.
Anda harus menggunakan program antivirus, untuk melindungi laptop/PC anda. Semoga membantu.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger
-->