logo blog
Selamat Datang Di Infotipso
Terima kasih atas kunjungan Anda di Infotipso,
semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Bikin LABEL(bukan Cover) DVD/VCD

Membuat LABEL(bukan cover) DVD/VCD/CD dengan bantuan photoshop bisa melalui berbagai cara. Sebenarnya cara termudah dengan menggunakan program bawaan dari printer, dan biasanya lebih mudah. Namun jika anda mengalami kesulitan dengan Print LABEL(bukan cover) DVD/VCD bawaan dari printer maka kali ini dengan bantuan Photoshop CS2 akan kita coba membuat LABEL (bukan cover) tersebut.

Kita sering keliru dalam membedakan antara label dan cover. Lebih sering label dikira cover. Dan kebanyakan kita lebih ingin membuat label. Misal saat mencopy CD atau VCD atau DVD, maka diperlukan penutup untuk membuat CD lebih menarik dan awet.

A. Dasar membuat label CD atau VCD atau DVD.

Sebelumnya siapkan ukuran dari LABEL DVD/VCD tersebut, standarnya lingkar luar ukurannya 12 cm, dengan lingkar dalam 8 mm. Atau bisa juga untuk ukuran CD yang lebih kecil lingkar luar 8 cm dan lingkar dalam 8 mm. Juga siapkan gambar/foto yang akan ditampilkan dalam LABEL tersebut.

Label CD biasanya tersedia dalam bentuk glossy dan biasa. Yang sudah ada garis potongnya, jadi saat anda sudah mengeprintnya, tinggal mengambil hasilnya tanpa harus memotongnya. Namun hati-hati saat menempelkannya ke CD. Sering jika sudah menempel, tidak akan bisa diambil lagi, alias rusak jika diambil lagi.

Maka cara menempelkan yang aman adalah dengan meletakan label di bawah. Baru kemudian menempelkan CD atau VCD atau DVD ke label tersebut. Karena kalau dibalik, akan bermasalah dengan bagian sticky-nya.

B. Cara membuat label CD/VCD/DVD:


cara bikin LABEL(bukan cover) DVD/VCD

Buka Photoshop >> New >> lalu masukkan ukuran width 14 cm dan Height 14 cm, dan buat resolution pixel/cm >> buat background content menjadi transparent >> klik OK >> tekan ctrl+R jika belum ada ruler dalam photoshop screen >> jika belum dalam ukuran cm klik edit >> preferences >> unit&rulers.

cara bikin LABEL(bukan cover) DVD/VCD

Lalu klik Elliptical Marquee Tool >> buat lingkaran >> klik move tool >> buat ukuran lingkaran menjadi 12 cm X 12 cm. >> Lalu buka foto/gambar yang akan dimasukan >> lalu klik edit >> klik define pattern. Lalu tutup foto/gambarnya.

cara bikin LABEL(bukan cover) DVD/VCD

Klik kanan di dalam lingkaran >> klik fill >> lalu di kolom contents klik use pattern >> pada custom pattern klik foto/gambar yang telah disiapkan lalu klik ok >> untuk mengedit posisi gambar klik layer >> layer style >> klik patern overlay >> gerakkan scale untuk mengatur posisi gambar.

cara bikin LABEL(bukan cover) DVD/VCD

Lalu buat lingkaran dalam seperti cara diawal dengan ukuran 8 mm.

cara bikin LABEL(bukan cover) DVD/VCD

Kemudian tulis title pada LABEL(bukan cover) DVD/VCD tersebut. Dan sekarang siap untuk di-print.

cara bikin LABEL(bukan cover) DVD/VCD

Anda bisa bereksperimen dengan fitur lain di photoshop CS2 ini. Selamat mencoba.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Custom Search

G+ Followers

Selamat datang di Infotipso kami sedang melakukan survey untuk memperbaiki layanan web kami teruskan logo
Copyright © 2013. Infotipso - All Rights Reserved
-->